Programs

PRAISE secara rutin berbagi pengetahuan dan praktik dan inisiatif lingkungan hidup dan daur ulang terbaik antara masing-masing anggota sebagai sumber inspirasi. Pada tahun 2017 PRAISE mengadakan sesi orientasi dan sosialisasi di Bali dimana para anggota mengunjungi sejumlah program yang dipelopori oleh masing-masing anggota termasuk sebuah bank sampah masyarakat yang didukung oleh Unilever; pusat daur ulang botol PET yang dibantu oleh Danone; titik pengumpulan kemasan karton di peritel yang diprakarsai oleh Tetra Pak, dan aksi bersih pantai yang difasilitasi oleh Coca-Cola.

Circle Icon

Mitra lokal yang peduli dengan lingkungan

Circle Icon

Keterlibatan dan partisipasi masyarakat yang kuat

Circle Icon

Menamkan kesadaran dan aksi nyata melestarikan lingkungan

Circle Icon

Adopsi tradisi adat yang unik di Bali

Studi Bali Bersih

Image Program Bali

Pada tahun 2017, kami memulai sebuah studi yang ambisius untuk memetakan ekosistem sampah di Bali. Kemitraan unik ini dengan empat kementerian – Lingkungan dan Kehutanan, Industri, Kemaritiman, dan Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat – akan memberikan pemetaan mendetail tentang rantai nilai sampah di Bali yang memungkinkan PRAISE dan mitra kami untuk mengidentifikasi tantangan dan peluang; memperbaiki proses dan prosedur; mendorong perubahan perilaku; mencari model bisnis daur ulang yang layak; mengajak partisipasi pemangku kepentingan lainnya; dan merancang intervensi jika diperlukan.

Studi Bali Bersih ini, yang pertama kali diadakan, dilakukan oleh PRAISE bekerjasama dengan Sustainable Waste Indonesia. Semua pihak yang terlibat dalam pengelolaan sampah di wilayah Denpasar, Badung, Gianyar dan Tabanan akan dipetakan untuk menentukan peran mereka dalam ekosistem sampah, termasuk pemerintah kabupaten dan kota setempat, desa adat, bank sampah masyarakat, jaringan pengumpulan swasta dan pemerintah, masyarakat, industri daur ulang, sekolah dan institusi lainnya. Durasi penelitian ini adalah dari Desember 2017 sampai April 2018.