Programs

PRAISE secara rutin berbagi pengetahuan dan praktik dan inisiatif lingkungan hidup dan daur ulang terbaik antara masing-masing anggota sebagai sumber inspirasi. Pada tahun 2017 PRAISE mengadakan sesi orientasi dan sosialisasi di Bali dimana para anggota mengunjungi sejumlah program yang dipelopori oleh masing-masing anggota termasuk sebuah bank sampah masyarakat yang didukung oleh Unilever; pusat daur ulang botol PET yang dibantu oleh Danone; titik pengumpulan kemasan karton di peritel yang diprakarsai oleh Tetra Pak, dan aksi bersih pantai yang difasilitasi oleh Coca-Cola.

Circle Icon

Mitra lokal yang peduli dengan lingkungan

Circle Icon

Keterlibatan dan partisipasi masyarakat yang kuat

Circle Icon

Menamkan kesadaran dan aksi nyata melestarikan lingkungan

Circle Icon

Adopsi tradisi adat yang unik di Bali

Studi Bali Bersih

Image Program Bali

Pada tahun 2017, kami memulai sebuah studi yang ambisius untuk memetakan ekosistem sampah di Bali. Kemitraan unik ini dengan empat kementerian – Lingkungan dan Kehutanan, Industri, Kemaritiman, dan Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat – akan memberikan pemetaan mendetail tentang rantai nilai sampah di Bali yang memungkinkan PRAISE dan mitra kami untuk mengidentifikasi tantangan dan peluang; memperbaiki proses dan prosedur; mendorong perubahan perilaku; mencari model bisnis daur ulang yang layak; mengajak partisipasi pemangku kepentingan lainnya; dan merancang intervensi jika diperlukan.

Studi Bali Bersih ini, yang pertama kali diadakan, dilakukan oleh PRAISE bekerjasama dengan Sustainable Waste Indonesia. Semua pihak yang terlibat dalam pengelolaan sampah di wilayah Denpasar, Badung, Gianyar dan Tabanan akan dipetakan untuk menentukan peran mereka dalam ekosistem sampah, termasuk pemerintah kabupaten dan kota setempat, desa adat, bank sampah masyarakat, jaringan pengumpulan swasta dan pemerintah, masyarakat, industri daur ulang, sekolah dan institusi lainnya. Durasi penelitian ini adalah dari Desember 2017 sampai April 2018.

Dropbox

Program Drop Box merupakan program yang dirancang untuk menciptakan kesadaran dan memicu adanya perubahan perilaku pada konsumen. Program ini membangun metode pengumpulan yang melibatkan seluruh pemangku kepentingan untuk memulihkan limbah kemasan secara berkelanjutan.

Inisiatif Drop Box merupakan inovasi transformatif yang di dalamnya memiliki 4 fitur unik yaitu jaminan pemisahan, pemrosesan, daur ulang, dan edukasi. Pengenalan Drop box kepada publik pertama kali diadakan pada Pekan Lingkungan Hidup Indonesia (20-21 Juli 2018). Acara ini didukung oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Indonesia serta Badan Lingkungan Hidup Jakarta.

Drop Box juga mendukung kampanye kurang limbah di tempat Asian Games 2018. Pada program Drop box ini, PRAISE bermitra dengan Waste4Change. Penelitian juga dilakukan dalam mengembangkan pusat kegiatan untuk pengelolaan data dan informasi yang terintegrasi, serta mempromosikan penelitian tentang topik terkait limbah.

Bertujuan mengoptimalkan komunikasi dan berbagi di antara para pemangku kepentingan, Bali BERSIH telah menciptakan platform komunikasi bagi para pemangku kepentingan. Hal ini dilakukan untuk menyelaraskan dan mempercepat setiap inisiatif untuk mengembangkan pengelolaan limbah terpadu di Bali. 

 

Praise Presentasi

Annual Report 2018

Progress

14 Januari – PRAISE CEO Meeting

25 Januari – Forum Lintas Adat at Bali

January

Bilateral dengan Menteri KLHK (date unknown)

February

25 Maret – Bilateral dengan Dirjen IKFT, Kementerian Perindustrian

March

2 April – Bilateral dgn Deputi Bidang Koordinasi SDM, Iptek dan Budaya Maritim, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi

8 April – Bali Bersih Workshop with McKinsey at Indofood

April

6-10 Mei – Study Tour in Germany with GIZ

May

25 Juni – CEO Meeting with GAC for PRO at Grha Unilever BSD City

25-26 Juni – Bimbingan Teknis Pengelolaan Sampah bagi Pemangku Kepentingan with DLH Jawa Timur

June

11 Juli – Bali Bersih Workshop with McKinsey in Bali

26 Juli – Focus Group Discussion Big Bali Eco Weekend with Coca Cola Amatil Indonesia in Bali

July

29 Agustus – Exhibition Indonesia Industrial Machinery & Electronic Products (IIME) dan Indonesia environmental protection (ENVIPRO) at Jiexpo Kemayoran

August

11 September – Bali Bersih Workshop with McKinsey at Indofood

12 September – Media Gathering Bali Bersih at We Work

September

25 Oktober – PRO Kick off Workshop with GAC at Coca-Cola

October

8-9 November – Rakornas ADUPI at Yogyakarta

11 November – Indonesia Circular Economy Forum at Pullman Hotel

20 November – Plastic Recycling in The Indonesian Circular Economy Landscape with IPR at Jiexpo Kemayoran

20 November – One-day Seminar on Plastic Waste and Micro Plastic with SR Asia

21 November – Bilateral dengan Gubernur Bali

 

November

9 Desember – TPS3R Academy Workshop

December