Unilever Indonesia mengumumkan langkah-langkah yang telah dan akan dilakukan sebagai upaya mendukung penanggulangan nasional pandemi virus Covid-19. Langkah-langkah tersebut antara lain membantu kehidupan dan penghidupan berbagai pihak, mulai dari konsumen, pelanggan dan komunitasnya, hingga ke seluruh karyawan perusahaan. 

Hemant Bakshi, Presiden Direktur PT Unilever Indonesia, Tbk mengatakan: “Kami merasa sangat prihatin atas dampak buruk yang ditimbulkan virus COVID-19 pada kehidupan masyarakat di berbagai belahan dunia. Kami percaya bahwa semua pihak dapat mengambil peran untuk membantu memutus rantai penyebaran virus ini.” Menurutnya, Unilever Indonesia aktif memberi dukungan dalam berbagai bentuk sejak virus Covid-19 mewabah. 

“Hari ini kami menyampaikan komitmen kami untuk memberikan bantuan dana serta donasi dalam bentuk produk senilai total Rp50 Miliar yang telah dan akan disalurkan kepada masyarakat melalui berbagai program kemitraan, termasuk dengan institusi kesehatan, pemerintah, maupun organisasi lainnya,” tambahnya.  

Beberapa dukungan yang telah diberikan perusahaan diantaranya adalah bantuan paket produk kebersihan untuk 100.000 masjid melalui “Gerakan Masjid Bersih” berkolaborasi bersama Dewan Masjid Indonesia (DMI), Pertamina, dan Indah Logistik. Perusahaan juga menyediakan produk sabun cuci tangan untuk delapan Rumah Sakit rujukan melalui kemitraannya dengan Persatuan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI).

 Upaya lain yang telah dilakukan adalah mendukung “Gerakan Sekolah Bersih” dan “Gerakan Bersih Lingkungan” dengan mendisinfeksi sekolah dan beberapa ruang publik, berkolaborasi dengan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dan Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan Indonesia (HAKLI). Selain itu, perusahaan juga akan terus mengedukasi masyarakat melalui iklan layanan masyarakat dan kampanye digital mengenai pentingnya menjaga kebersihan diri dan rumah.

Unilever secara global telah melakukan langkah-langkah preventif yang lebih tegas untuk melindungi seluruh karyawan beserta keluarganya. Salah satunya adalah pemberlakuan kebijakan Work-from-Home (kerja di rumah) bagi para karyawan yang bekerja di kantor. Sementara untuk karyawan pabrik dan lapangan yang masih bekerja, perusahaan menerapkan standar keamanan yang lebih tinggi sehingga konsumen bisa tetap menjangkau produk-produk Unilever.