Jakarta, 29 April 2020 – Packaging and Recycling Association for Indonesia Sustainable Environment (PRAISE) bersama Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenkomarves) Republik Indonesia, dan turut menggandeng Human Initative melakukan rangkaian acara pendistribusian bantuan kepada masyarakat terdampak Covid-19. Acara berlangsung di Kantor Kementerian Koordinator Kemaritiman dan Investasi di Jakarta Pusat, Rabu, 29/04/2020. 

PRAISE merupakan asosiasi untuk kemasan dan daur ulang bagi Indonesia berkelanjutan. Adapun  anggotanya adalah Coca-Cola, Danone, Indofood, Nestle, Tetra Pak dan Unilever. PRAISE memiliki komitmen untuk mendorong terciptanya pengelolaan sampah kemasan di Indonesia yang holistik, terintegrasi, dan berkesinambungan.  

Saat ini PRAISE sebagai bagian dari masyarakat melihat besarnya dampak pandemic Covid-19 di Indonesia. Sehingga saat Kemenkomarves RI mengajak semua pihak untuk berkolaborasi dalam membantu masyarakat yang terkena dampak dari Covid-19, PRAISE dengan menggandeng Human Initiative langsung menyatakan dukungan terhadap program kolaborasi ini.

Dalam pencegahan Covid-19 dan membantu masyarakat, PRAISE , Kemenkomarves dan Human Initiative menyalurkan sejumlah bantuan yang tersebar di 10 titik di Jakarta. Bantuan yang diberikan berupa produk makanan dan minuman, hand sanitizer, alat-alat kebersihan, serta alat cuci tangan portable yang pada tahap awal akan dipasang di 5 titik, yaitu di Kelurahan Kampung Bali, Tanah Abang, Kelurahan Batu Ampar, Condet, Kelurahan Kramat Jati, Kelurahan Cawang, dan Kelurahan Jatinegara. 

Rangkaian kegiatan ini dimulai dengan sambutan dari Plt. Deputi Bidang Koordinasi Pengelolaan Lingkungan dan Kehutanan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi RI, Dr. Ir. Nani Hendiarti, M.Sc., lalu dilanjutkan dengan sambutan Ketua Umum PRAISE, Karyanto Wibowo, dan yang terakhir sambutan oleh VP Communication, Network and Development Human Initiative, Romi Ardiansyah. Bantuan diserahkan secara simbolis kepada perwakilan dari lima kelurahan dan dilanjutkan dengan pendistribusian bantuan di Kelurahan Kampung Bali, Tanah Abang.

“Kemenkomarves sangat menghargai kolaborasi baik dari pihak PRAISE dan Human initiative dalam membantu masyarakat yang terdampak dari Covid-19. Dalam menghadapi pandemic saat ini kita memang harus saling berkolaborasi agar dapat memutus mata rantai korona virus ini. Tentunya bantuan yang diberikan kepada masyarakat di harapkan dapat memberikan rasa semangat untuk tetap sehat dan tetap berada dirumah selama pandemic” jelas Dr. Ir. Nani Hendiarti, M.Sc, Plt. Deputi Bidang Koordinasi Pengelolaan Lingkungan dan Kehutanan, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi RI.

Karyanto Wibowo selaku Ketua Umum PRAISE menambahkan “Kami menyadari pentingnya semua pihak untuk berpartisipasi dan berkolaborasi dalam menekan penyebaran Covid- 19 di Indonesia. Dan langkah pencegahan sangat dibutuhkan untuk memutus rantai penyebaran COVID-19, salah satunya dengan gerakan cuci tangan pakai sabun. Kami bekerjasama dengan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi RI memberikan fasilitas cuci tangan di beberapa tempat umum di wilayah DKI Jakarta. Selain itu, kami juga membagikan produk makanan dan minuman serta kebutuhan rumah tangga lainnya sebagai wujud kepedulian PRAISE terhadap masyarakat terdampak dari pandemi ini”. 

Di akhir sambutannya, Romi Ardiansyah VP Communication, Network and Development Human Initiative mengungkapkan pencegahan Covid-19 harus dilakukan secara bersama-sama. “Semoga dengan adanya bantuan ini diharapkan dapat mencegah penularan Covid-19 dan dapat meringankan beban masyakarat yang membutuhkan. Kami mengajak semua pihak, mari terus bersatu melawan Covid-19.”