Seiring dengan merebaknya wabah virus COVID-19, berbagai macam sektor telah dipengaruhi oleh keberadaan virus ini. Tidak terkecuali para pemulung yang mungkin tidak memiliki akses yang cukup untuk fasilitas penunjang kebersihan dan sanitasi. Apalagi mengingat aktivitas pemulung yang mau tidak mau melakukan kontak langsung dengan sampah, dimana tingkat keterpaparan virusnya sangat tinggi, termasuk virus COVID-19. Belum lagi minimnya Alat Pelindung Diri (APD) yang digunakan selama melakukan aktivitas tersebut. 

Maka dari itu, PRAISE ikut serta berdonasi dalam program “Masyarakat Peduli Pemulung Siaga COVID-19” yang dipelopori oleh Vital Ocean Indonesia, bekerja sama dengan Sustainable Waste Indonesia (SWI), Ikatan Pemulung Indonesia (IPI), dan IPR (Indonesian Plastic Recyclers) untuk membantu pemulung-pemulung di Indonesia. 

Hingga saat ini, donasi tersebut telah diberikan kepada komunitas pemulung di sepuluh titik yaitu Penjaringan, Pulogadung, Pinang Ranti, Pancoran, Joglo, Teluk Gong, Ciketing Udik Bantargebang, Cikiwul Bantargebang, Jelambar, dan Pasar Minggu. Bantuan yang diberikan berupa 10 buah instalasi cuci tangan, 7 buah alat semprot desinfektan, 86 liter sabun cair, 144 sabun batang, 8 kg deterjen bubuk, 49 liter karbol, 500 buah masker kain, dan 58 buah sarung tangan karet.