Hampir di seluruh dunia saat ini tengah menghadapi wabah pandemi virus corona atau Covid-19, tidak terkecuali Indonesia. Dalam upaya mengatasi wabah ini, banyak penggalangan dana yang dilakukan dari berbagai kalangan, salah satunya Danone Indonesia. Danone Indonesia mengumumkan akan meningkatkan komitmen bantuannya untuk mengatasi pandemik COVID-19 di Indonesia hingga total menjadi Rp 30 Miliar melalui dua bisnisnya, air (Aqua, VIT, dan Mizone) dan specialized nutrition (nutrisi medis, nutrisi ibu hamil & menyusui serta nutrisi anak usia di atas 1 tahun merek SGM, Bebelac, dan Nutrilon Royal). Pemberian bantuan dilakukan dalam bentuk uang tunai, alat kesehatan dan keselamatan, serta produk yang dikirimkan ke sejumlah rumah sakit rujukan Covid-19 di Indonesia. 

Vice President General Secretary Danone Indonesia, Vera Galuh Sugijanto menjelaskan bahwa Danone terus memonitor dan melihat perkembangan kondisi pandemik Covid-19 saat ini di Indonesia. Danone menilai bahwa seluruh elemen masyarakat saat ini masih harus terus berjuang bersama untuk mengatasi pandemik ini. Untuk itu Danone kembali memperkuat komitmennya untuk mendukung pemerintah dan seluruh masyarakat Indonesia dalam mengendalikan penyebaran pandemik ini melalui berbagai bantuan yang dapat diberikan.

“Kami mengharapkan pabrik-pabrik Danone di Indonesia dapat berkoordinasi dan menjalin kerja sama dengan pemerintah daerah dan otoritas terkait untuk mengembangkan berbagai inisiatif di tingkat lokal. Bantuan ini diharapkan dapat membantu kesehatan dan keselamatan petugas kesehatan yang berada di garis depan penanggulangan pandemik, dan juga keluarga kurang mampu, manula, ibu hamil dan anak-anak di daerah-daerah yang rentan terhadap penyebaran COVID-19”, tambah Vera.

 

Selain itu, upaya bersama menanggulangi COVID 19 ini juga dilakukan Danone Indonesia dengan tetap menjaga keberlangsungan produksi dan distribusi produk hidrasi dan nutrisi untuk keperluan masyarakat Indonesia. Hal itu dilakukan dengan menerapkan standar kesehatan yang lebih ketat, agar terus dapat memberikan produk dan layanan yang terbaik sekaligus menjaga keamanan dan keselamatan karyawan yang menjadi ujung tombak keberlangsungan ini. 

Danone Indonesia sebelumnya telah menyalurkan bantuan sebesar Rp 15 Miliar melalui kerjasama dengan berbagai pihak, yakni Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) untuk memproduksi dan membagikan disinfektan dan hand sanitizer, pemberian bantuan berupa peralatan medis dan peralatan keselamatan dengan Rumah Sakit Cipto Mangun Kusumo, Rumah Sakit Hasan Sadikin, Rumah Sakit Sulianti Saroso, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Pemerintah Provinsi Jawa Barat serta BNPB. 

Di samping itu, Danone Indonesia juga melakukan distribusi produk dan stok makanan untuk terus menjaga kebutuhan hidrasi dan nutrisi para tenaga medis, pasien, dan mereka yang terdampak saat ini bekerjasama dengan Aksi Cepat Tanggap (ACT), serta bantuan lain yang telah disalurkan melalui Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), Community Development UI, dan FK-UI. Selain itu, bantuan dan kerjasama dengan berbagai pihak juga akan dilakukan untuk mendistribusikan peralatan medis dan peralatan keselamatan yang diantaranya akan diserahkan melalui Kementerian Kesehatan, BPOM dan beberapa rumah sakit rujukan COVID-19 di Indonesia.