Nestlé Indonesia melalui program Nestlé Cares telah berkolaborasi dengan berbagai institusi seperti pemerintah DKI Jakarta, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), gerakan Nutrisi Garda Terdepan, dan Kitabisa.com untuk penyaluran bantuan Alat Pelindung Diri (APD) dan produk makanan dan minuman bergizi seperti Nestlé BEAR BRAND, MILO, NESCAFÉ, dan ACTICOR serta sereal sarapan pagi NESTUM dan Nestlé Breakfast Cereal untuk mendukung tenaga kesehatan yang sedang bertugas di garda terdepan di tengah pandemi COVID-19 yang terjadi di Indonesia,  

 “Nestlé Indonesia mendukung upaya pemerintah dalam menanggulangi bencana nasional yang diakibatkan oleh pandemi global COVID-19, melalui kerja sama dan bertindak dengan cepat dan tepat. Hingga saat ini, Nestlé Cares telah menyalurkan lebih dari 450.000 produk makanan dan minuman bernutrisi dan sejumlah APD kepada tenaga medis yang membutuhkan. Ke depannya, kami akan terus memperluas kerja sama dengan lebih banyak badan pemerintah, organisasi kesehatan, dan organisasi non-profit untuk menyalurkan APD dan produk makanan dan minuman bernutrisi kepada para tenaga kesehatan di garda terdepan. Di samping bantuan untuk tenaga kesehatan, Nestlé Cares juga memberikan bantuan kepada masyarakat di sekitar daerah operasional Nestlé Indonesia yang terdampak secara ekonomi akibat pandemi ini.” ujar Direktur Corporate Affairs Nestlé Indonesia, Debora R. Tjandrakusuma.

Pada tanggal 17 April 2020, bantuan Alat Perlindungan Diri (APD) berupa masker N95 dan Nestlé BEAR BRAND juga diberikan kepada RSUD Karawang. Donasi ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi lebih dari 500 tenaga kesehatan yang sedang bertugas menjadi garda terdepan dalam menangani dan memutus rantai pandemi di tengah masyarakat Jawa Barat.

Sri Sugihartati MM, Direktur RSUD Karawang mengatakan, “Mewakili direksi dan karyawan RSUD Karawang, kami mengapresiasi dukungan Nestlé Indonesia yang tentunya akan sangat bermanfaat bagi tenaga medis di sini yang bekerja sebagai garda terdepan dalam menangani para pasien COVID-19. Bantuan BEAR BRAND penting untuk membantu pemenuhan gizi tim medis serta bantuan masker N95 ini tentunya bermanfaat sebagai APD bagi tim medis kami. Saya juga meminta dukungan masyarakat Indonesia untuk tetap menjaga kesehatan dan tetap tinggal di rumah untuk memutus rantai penyebaran virus ini,”.

“Sebagai produsen makanan minuman, kami mempunyai tanggung jawab untuk menjaga keselamatan dan kesehatan para karyawan, mitra usaha, dan konsumen kami. Namun, kami juga mempunyai tanggung jawab untuk terus memproduksi dan mendistribusikan produk-produk makanan dan minuman termasuk produk susu untuk memenuhi kebutuhan para konsumen Indonesia. Kami menerapkan pedoman pemerintah untuk melakukan physical distancing, bekerja dari rumah, memakai master, kebersihan diri dan kesehatan, serta persyaratan keselamatan dan kesehatan kerja yang ketat. Kami percaya apabila seluruh masyarakat menerapkannya bersama-sama, situasi akan lebih cepat berlalu. Di samping itu, kami juga mau mengajak masyarakat untuk tidak lupa mengonsumsi makanan bergizi seimbang dan berolahraga sehingga dapat membantu tubuh berada dalam kondisi yang prima,” tutup Debora.