• Danone-AQUA dan Grab bersama-sama membangun kebiasaan daur ulang dengan mengajak konsumen untuk mengelola sampah mulai dari rumah dan mengirimkan sampah bermanfaat untuk didaur ulang.
  • Kerja sama ini mendukung program Pemerintah Indonesia untuk mengurangi sampah plastik di laut.
  • Kerja sama ini juga mendukung ekonomi sirkular, yang memberikan tambahan nilai ekonomi bagi masyarakat dan menjaga kelestarian lingkungan.

Danone-AQUA, merek asli Indonesia yang senantiasa membawa kebaikan bagi masyarakat melalui hidrasi yang sehat sekaligus melestarikan lingkungan, beserta Grab, aplikasi super app terkemuka di Asia Tenggara, hari ini mengumumkan kerja sama untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pengelolaan sampah bagi kelestarian lingkungan. Melalui GrabExpress Recycle, sebuah layanan baru yang tersemat langsung pada platform Grab, pengguna dapat dengan mudah mengirimkan sampah bernilai ekonomis, terutama botol dan gelas plastik, ke bank sampah terdekat. Kemudian, sampah tersebut akan dibawa ke Recycling Business Unit (Unit Daur Ulang/RBU) milik Danone-AQUA untuk diproses menjadi bahan baku yang nantinya akan dibuat menjadi produk baru untuk digunakan dalam keperluan sehari-hari, misalnya botol plastik baru. Kerja sama ini merupakan bagian dari komitmen Danone-AQUA dan Grab dalam mendukung program pemerintah untuk mengurangi sampah plastik di laut hingga 70% pada 2025 dan diluncurkan dalam rangka Hari Peduli Sampah Nasional yang diselenggarakan setiap 21 Februari.             

Corine Tap, Presiden Direktur PT Tirta Investama (Danone-AQUA) mengatakan, “Sebagai pionir dalam penyediaan hidrasi yang sehat bagi masyarakat Indonesia dan pelestarian lingkungan, kami sangat berbahagia dapat bermitra dengan layanan terkemuka seperti Grab. Melalui kerja sama ini kami berharap untuk menjangkau lebih banyak konsumen serta mengedukasi mereka tentang pentingnya mengelola sampah sejak dari rumah. Sampah plastik sendiri merupakan permasalahan besar di Indonesia dan kita ingin mendorong lebih banyak orang untuk turut serta mengumpulkan, memilah dan mendaur ulang sampahnya. Kemitraan bersama Grab yang merupakan pengejawantahan komitmen #BijakBerplastik kami dalam hal pengumpulan, edukasi, dan inovasi kemasan ini dimaksudkan agar konsumen pun dapat menjadi bagian dari solusi untuk Indonesia.”

Para pengguna Grab perlu mulai memilah sampah plastik sejak di rumah untuk mengurangi dampaknya terhadap lingkungan. Setelah itu, mereka dapat memanfaatkan layanan GrabExpress Recycle di aplikasi Grab agar pengemudi dapat menjemput sampah tersebut. Baik konsumen maupun pengemudi Grab yang terlibat dalam inisiatif ini akan memperoleh berbagai bentuk reward, mulai dari promo pesan-antar sampai poin GrabRewards, serta tur sirkular bagi beberapa pengguna yang paling antusias, agar dapat lebih memahami masalah sampah di Indonesia. Bentuk reward yang berbeda-beda ini dimaksudkan untuk membangun kebiasaan daur ulang di Indonesia serta memperkenalkan manfaat ekonomi yang  terdapat pada sampah-sampah bermanfaat tersebut.

Vera Galuh Sugijanto, Vice President General Secretary, Danone Indonesia mengatakan, “Sejak 1993, Danone-AQUA telah memulai program daur ulang yang diberi nama AQUA Peduli, dan hari ini, kami mengumpulkan sekitar 12.000 ton sampah botol plastik setiap tahun melalui 6 (enam) Unit Daur Ulang/RBU yang ada di Indonesia. Berbekal pengalaman tersebut, kami akan memastikan semua sampah yang dikumpulkan melalui kerja sama ini memiliki siklus hidup baru. Botol plastik, misalnya, setelah dikumpulkan, setelah dikumpulkan kemudian diproses untuk diubah menjadi botol AQUA Life. Upaya untuk mengurangi resiko sampah mencemari lingkungan dan untuk memanfaatkan material yang sama secara berulang dalam proses produksi melalui layanan GrabExpress Recycle, diharapkan dapat mendorong perputaran ekonomi sirkular di Indonesia. Dengan demikian, sampah yang dikelola pun akan memberi nilai tambah ekonomi bagi jutaan masyarakat Indonesia.”